Pengenalan Cisco Packet Tracer


1.    Apa Itu Cisco Packet Tracer
     Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer, memungkinkan pengguna untuk membuat topologi jaringan dan meniru yang modern jaringan komputer. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk mensimulasikan konfigurasi router Cisco dan switch menggunakan antarmuka baris perintah simulasi. Packet Tracer membuat penggunaan drag dan drop antarmuka pengguna, yang memungkinkan pengguna untuk menambah dan menghapus perangkat jaringan simulasi seperti yang mereka lihat cocok.
      Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. Perangkat lunak ini terutama difokuskan terhadap siswa Cisco Network Associate Academy Bersertifikat sebagai alat pendidikan untuk membantu mereka belajar konsep-konsep CCNA fundamental. Mahasiswa yang terdaftar dalam program CCNA Academy dapat bebas men-download dan menggunakan alat gratis untuk digunakan pendidikan.
Selain simulasi aspek-aspek tertentu dari jaringan komputer , Packet Tracer juga dapat digunakan untuk kolaborasi. Pada Packet Tracer 5.0, Packet Tracer mendukung sistem multi-user yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menghubungkan beberapa topologi bersama-sama melalui jaringan komputer. Packet Tracer juga memungkinkan instruktur untuk membuat kegiatan yang siswa harus menyelesaikan. Packet Tracer sering digunakan dalam pengaturan pendidikan sebagai alat bantu pembelajaran. Cisco Systems mengklaim bahwa Packet Tracer berguna untuk eksperimen jaringan.
  Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router.
Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka Ciscon membuat suatu seri sertifikasi, yaitu:
- CCNA (Cisco Certified Network Associate)
- CCNP (Cisco Certified Network Professional)
- CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)

2.    Pengenalan Jendela Cisco Packet Tracer
Software Packet Tracer yang digunakan adalah versi 5.3.1.0044 dapat dijalankan dengan OS Windows. Spesifikasi PC yang disarankan adalah Pentium intel atom atau yang lebih tinggi, RAM / Memory : 1 GB atau yang lebih besar, dengan display VGA standard / yang lebih tinggi.
Tampilan jendela Cisco Packet Tracer adalah seperti pada gambar dibawah ini :



Pada bagian ikon-ikon Device, terdapat beberapa macam perangkat jaringan dan pada kotak disebelah kanannya terdapat Sub Device yang merupakan jenis dari Device yang diseleksi. Berikut adalah penjelasannya :
1.    Macam-macam Device pada Cisco Packet Tracer
a.    Router
Router berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan yang berbeda network/jaringannya, atau IP class yang berbeda, misalkan untuk menghubungkan antar LAN dan antar router itu sendiri.


Jenis-jenis Router :
Ø 1841
Ø 2620XM
Ø 2621XM
Ø 2811
Ø Router-PT
Ø Router-PT-Empty

b.    Switch
Switch berfungsi untuk menghubungkan device-device dalam satu jaringan LAN, yang sering dipakai dipraktek itu yang nomor 1 yaitu 2950-24

Jenis-jenis Switch
Ø 2950-24
Ø 2950T
Ø 2960
Ø Switch-PT
Ø Switch-PT-Empty
Ø 3560-24PS
Ø Bridge-PT

c.    End Device
Merupakan perangkat-perangkat yang akan menjadi source maupun destination paket data
Jenis-jenis End Device

Ø PC-PT
Ø Laptop-PT
Ø Server-PT
Ø Printer-PT
Ø 7960 (IPPhone)
Ø Home-VoIP-PT
Ø TV-PT
Ø TabletPC-PT (Wireless tablet)
Ø PDA-PT (Smart Device)
Ø WirelessEndDevice-PT
Ø WiredEndDvice-PT

d.   Connector
Connector berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat jaringan agar dapat berkomunikasi.
Pada gambar diatas terdapat jenis-jenis Connector pada cisco Packet Tracer namun pada praktikum kali ini kita hanya menggunakan beberapa connector saja semisal Copper Sraight-Throught dan Copper Cross-Over berikut penjelasannya.

a.    Kabel straigt digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat berikut :
Ø PC – Hub
Ø PC – Switch
Ø Router – Hub
Ø Router – Switch
b.    Kabel Cross digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat berikut :
Ø PC – PC
Ø Switch – Hub
Ø Switch – Switch
Ø Router – Router

2.    Warna Indikator Kabel
a.    Warna merah menunjukkan bahwa kabel tidak terhubung atau terjadi kesalahan kabel

b.    Warna orangye menunjukkan sedang terjadi proses instalasi/pengenalan perangkat untuk dapat saling terhubung



c.    Warna hijau menunjukkan kabel berhasil mnghubungkan perangkat satu sama lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PRODUKTIF TKJ

SOAL-SOAL KEAMANAN JARINGAN

Merancang Jaringan Komputer dengan Cisco Paket Tracer