"HIDUP POHON BAMBU"

4-tunnel

         Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

      Tapi tahukah anda bahwa bahwa dibalik pertumbuhan yang cepat pohon bambu tersebut sebelumnya tidak akan menunjukkan pertumbuhan yang berarti selama 5 tahun pertama pada pertumbuhannya, walaupun setiap harinya disiram & dipupuk, tumbuhnya hanya beberapa puluh centimeter saja. Padahal pada dasarnya pohon bambu dapat tumbuh tinggi hingga lebih dari 30 meter.

        Menurut penelitian para ahli ternyata selama 5 tahun pertama masa pertumbuhannya, pohon bambu menyiapkan dirinya untuk tumbuh pada akarnya, ia memperkokoh dirinya dibagian akarnya bukan pada batang. Pohon bambu sedang menyiapkan pondasi yang kuat agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter. Sehingga kuat dan kokoh bertahan.

          Ternyata selama 5 tahun pertama, ia mengalami pertumbuhan dahsyat pada akarnya (bukan) pada batang, yang mana sejatinya, pohon bambu sedang mempersiapkan pondsi yang sangat kuat, agar ia bisa menopang ketinggiannya yang berpuluh-puluh meter kelak dikemudian hari.

          Ketika pohon bambu ditiup angin kencang, ia akan merunduk, tetapi setelah angin berlalu, dia akan tegak kembali. Ini laksana perjalanan hidup seseorang yang tak pernah lepas dari cobaan dan rintangan. Jika kita mengalami suatu hambatan & kegagalan, bukan berarti kita tidak mengalami perkembangan, melainkan justru kita sedang mengalami pertumbuhan yang luar biasa didalam diri kita.

             Pada diri manusia bagian terberat dari sebuah KESUKSESAN adalah disaat awal seseorang memulai usaha dari sebuah perjuagan, karena segala sesuatu terasa berat & penuh tekanan, Namun bila ia dapat melewati batas tertentu, sesungguhnya seseorang dapat merasakan segala kemudahan & kebebasan dari tekanan & beban. Maka belajarlah seperti pohon bambu. Fleksibilitas pohon bambu mengajarkan kita sikap hidup yang berpijak pada keteguhan hati dalam menjalani hidup, walaupun badai & topan menerpa. Tidak ada kata menyerah untuk terus tumbuh, tidak ada alasan untuk terpendam dalam keterbatasan, karena bagaimanapun pertumbuhan demi pertumbuhan harus diawali dari kemampuan untuk mempertahankan diri dalam kondisi yang paling sulit sekalipun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PRODUKTIF TKJ

SOAL-SOAL KEAMANAN JARINGAN

Merancang Jaringan Komputer dengan Cisco Paket Tracer