UJI KOMPETENSI GURU PRODUKTIF TKJ






Uji kompetensi guru adalah sebuah kegiatan Ujian untuk mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi yang diampu terutama produktif, biasanya diselenggarakan oleh BNSP      ( Badan Nasional Sertifikasi Profesi ) Pada tanggal 24 – 25 November 2017 jam 08.00 sampai selesai. Pelaksanaannya disuatu sekolah yang menyelenggarakan Uji Kompetensi dan diikuti oleh beberapa sekolah yang mengikut sertakan gurunya untuk mengikuti Uji kompetensi ini.
Uji kompetensi ini diharuskan oleh Dinas Pendidikan ketika sekolah SMK akan menyelenggarakan Uji Kompetensi untuk anak didiknya disekolah, maka guru pengujinya harus sudah memiliki serifikat Uji kompetensi yang berlambang garuda di depan serifikatnya. Kenapa sih mesti ada lambang burung garuda di sertifikatnya, ini membedakan dari sertifikat lainnya. Kita harus bisa membedakan serifikat yang hanya untuk suatu kebanggaan, untuk keprofesian atau untuk pajangan semata yang dipampang di dinding rumah kita. Sertifikat Kompetensi ini juga ada masa berlakunya, masa berlaku sertifikat ini berkisar tiga tahun dari saat diterbitkannya sertifikat, mengenai perpanjangan masa berlaku sertifikat dan ada lambang garuda tercetak dengan warna emas, ada nama pemegang sertifikat, dan tertulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Penulisan sertifikat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia ditujukan agar dapat digunakan dan diakui oleh negara lain, maka sertifikat bisa diakui di negara-negara tertangga khususnya negara-negara ASEAN. Andai kita akan mencoba mengajar di negara Asean maka tunjukkan saja sertifikat itu, maka dapat mengajar sesuai dengan kompetensi yang diampunya.
Karena pentingnya memiliki sertifikat itu maka kami guru-guru Produktif TKJ SMK Binakarya Mandiri 2 yang terdiri dari lima orang juga tidak ketinggalan dalam mengupdate ilmu kami, sehingga kami memgikutinya. Kami melaksanakan di suatu SMK swasta di Bekasi yang bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Komputer ( LSPK ) didukung oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi ( BNSP ) dan KOMINFO. Saat sampai ditempat kami disambut oleh tuan rumah dan tidak berapa lama dosen Andi Hasad,S.Kom,M.Kom datang dengan orang dari BNSP untuk menguji kami. Ujian kami terdiri dari essay dan praktek. Materi ujian untuk Uji Kompetensi ini adalah :
1.      Merancang Pengalamatan Jaringan
2.      Merancang Keamanan Jaringan
3.      Merancang Pemulihan Jaringan
4.      Memasang Jaringan Niekabel
5.      Memasang Perangkat ke dalam sistem jaringan
6.      Mengkonfigurasi Switch pada Jaringan
7.      Mengkonfigurasi Routing pada perangkat Jaringan dalam satu Autonomous System
8.      Mengkonfigurasi Routing pada perangkat Jaringan antar Autonomous System
9.      Memonitor Keamanan dan Pengaturan Akun Pengguna dalam Jaringan Komputer
Seharusnya pelaksanaan Uji Kompetensi ini dilaksanakan dua hari tapi karna semua peserta memang mengampu pelajaran yang akan di Uji Kompetensikan maka materi dipadatkan dan langsung Ujian saja keputusan dosennya seperti itu. Ujian Essay ada 8 soal mengenai materi uji diatas lama ujian 1 jam, lalu ujian praktek ada 6 soal yang mencakup materi yang sama. Apa yang kita lakukan sama seperti yang dilakukan oleh siswa yang akan Uji Kompetensi dari mulai pembuatan kabel sampai mengkonfigurasi.
            Penilaian Uji Kompetensi adalah kompeten dan tidak kompeten, jika kita tidak dianggap layak untuk mengampu materi yang diatas maka hasil kita adalah tidak kompeten dan dapat mengikuti ujian lagi pada tanggal yang ditetapkan dan mendaftar lagi seperti semula tapi jika kita dianggap kopeten maka nanti kita akan mendapat sms dari LSPK bahwa kita layak dan kompeten. Alhamdulillah ternyata kita semua dapat sms dari LSPK bahwa kita kompeten dan sertifikat akan kita terima setelah 2 minggu kita melaksanakan Uji Kompetensi.

            Merasa perlu dan harus untuk meng up date ilmu kita, apalagi kalau kita bergerak di bidang IT, yang perkembangannya begitu pesat dari waktu ke waktu sehingga bila kita tidak mengupdate ilmu kita, kita akan ketinggalan dan selaku guru harus mencontohkan bahwa kita bersemangat dalam menuntut ilmu didalam usia kita yang bisa dianggap sudah tidak muda lagi tapi semangat dalam menuntut ilmu tetap tidak kalah dengan yang muda-muda apalagi dengan anak didik kita. Semoga anak didik kita bisa meniru atau mencontoh semangat kita dalam menuntut dan mengupdate ilmu kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PRODUKTIF TKJ

SOAL-SOAL KEAMANAN JARINGAN

Merancang Jaringan Komputer dengan Cisco Paket Tracer